Diseksi Aorta

Gangguan Aorta ini adalah kondisi dimana lapisan dalam dinding aorta sobek, terpisah dari lapisan tengah dinding aorta.

DOKTER – Aorta merupakan arteri terbesar dalam tubuh manusia yang terletak di organ vital tubuh manusia, Jantung. Arteri ini berperan sangat besar dalam kehidupan, sebab ia berfungsi untuk mengalirkan darah yang mengandung oksigen dari jantung ke seluruh tubuh. Jadi, aorta berfungsi sangat besar untuk kelangsungan kerja organ vital lainnya.

Robekan yang terjadi di aorta membuat darah bocor dan mengalir melalui robekan tersebut, dan membuat lapisan di dalam aorta terpisah dari lapisan luar dan membentuk saluran lainnya pada dinding aorta.

Penyakit ini banyak dialami oleh pria dengan rentang usia sekitar 60-70 tahun. Sebagian besar penderita memiliki penyakit hipertensi sebelumnya. Namun masih banyak faktor yang dapat mendukung terjadinya diseksi aorta.

GEJALA DISEKSI AORTA

Gejala diswksi aorta memiliki gejala lain;

  • Pingsan
  • Sesak napas
  • Sulit berbicara
  • Denyut nadi lemah
  • Berkeringat secara berlebihan
  • Nyeri bagian punggung atas. Muncul secara mendadak dan sangat sakit yang hebar seperti tertusuk di dada.
  • Nyeri di bagian perut, tiba-tiba terjadi jika ini terjadi pada arteri yang mengalirkan darah ke usus.

PENYEBAB DISEKSI AORTA

Untuk mendeteksi penyakit ini sangat susah, karena menunjukan gejala yang mirip dengan penyakit lainnya. Jika mendengarkan suara jantung yang abnormal/ terjadi perbedaan tekanan darah, dokter boleh mencurigai adanya gangguan diseksi aorta.

Selain itu, pemeriksaan juga diperlukan untuk memastikan diagnosis tersebut misalnya dengan Merontgen dada pasien, untuk melihat apakah aorta melebar. CT Scan pada jantung aorta, dan lainnya agar terlihat lebih jelas. MRA, alat ini menggunakan magnet untuk menghasilkan gambar dan citra dari pembuluh darah.

BAGAIMANA CARA MENGOBATI DISEKSI AORTA?

Penyakit satu ini tergolong sangat berbahaya, karena dapat menyebabkan kematian setelah beberapa jam terjadi, kondisi ini sangat memerlukan penanganan medis yang cepat dan tepat.

Untuk kasus tertentu, pasien akan diberi obat-obatan melalui intravena. Pemberian ini untuk mengurangi detak jantung dan tekanan darah (mengurangi penyebaran Diseksi Aorta). Selain pemberian obat, dokter menganjurkan operasi darurat jika kondisi diseksi berada di sekitar aorta apalagi jantung.

Demikian merupakan penjelasan mengenai diseksi aorta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *